Labels

Thursday 4 April 2013

Cerpen 'Kado d'varoz untuk Vhyo'

kado d'varoz untuk Vhyo
Aku gak ngerti?kenapa semua  tingkah laku sahabatku menjadi aneh.Aku merasa gak ada salah ama mereka.Aku menjadi bingung dengan keadaan ini.
         "Ourel, tunggu," Pinta ku pada Ourel.
         "Iya,Yo ada apa?" Tanya Ourel santai
         "Kamu dari mana?" Tanya Ku polos
           "Dari kantin.kenapa?"
         "gak papa kok.Rel,kayaknya kalian kok jadi berubah ma aku?Aku ada salah ya?"Tanya Ku lugu
         "Apaan sih?Udah dulu ya.Aku ada kelas ni."
Ourel berlalu meninggalkanku tanpa menjawab pertanyaan dari ku.Aku menjadi bingung dengan semua ini.
sejak kenaikan kelas kekelas 9, D'VAROZ menjadi terpisah. Waktu kelas 8 Aku,Ourel,Rio,Alvin,dan Zeva dalam satu kelas dan kami selalu kompak dalam segala hal. Begitu di kelas 9 kami dipisah, kata bu guru sih biar gak bikin gaduh.Dimana ad D'VAROZ,disitu ada kegaduhan(haha..emang preman). Aku,Zeva, dan alvin dikadikan 1 kelas di kelas C dan Ourel dan Rio ada di kelas D.Walaupun terpisah namun kelas kita masih tetanggaan.
                                                        * * *
     Tidak seperti 2 hari yang lalu,biasanya setiap pagi D'VAROZ berangkat bersama.Pagi ini aku mersakan hal yang beda,karna tak ada satu pun sahabat ku yang datang menjemput ku seperti biasa.Lo gak Rio atau alvin pasti ada yang menjemputku.Semua benar-benar sudah berubah,apa yang terjadi dengan sahabta ku???
        "Vhyo," Panggil Nita
        " Iya Nit.Bareng yuk kekelas," Ajak ku
       " Vhyo, kok kamu ama sahabat kamu kaya lagi renggang gitu sih?kamu lagi pada
           berantem ea?"Tanya Nita  penasaran.
aku hanya bisa membalas senyuman.Banyak teman-teman yang mengira aku putus persahabatn dan keluar dari D'VAROZ. Hidup yang ku jalani sangat membingungkan,aku tak berani berbuat apa. Ingin sekali aku bertanya pda sahabat-sahabat ku,mengapa mereka berubah?Namun aku takut.Aku takut membuat sahabat-sahabat ku tersinggung atau membuat mereka tidak nyaman dengan ini.Aku paling tidak bisa melihat sahabat ku terganggu karna aku. Namun,ini kebalikannya aku sangat terganggu dengan sikap mereka.
    #   #   #
Sekarang kamar adalah tempat  terindah untuk merefresingkan otak dan perasaan ini.
                “Vhyo,”Panggil mama
                “Ya ma,”
                “Siini sayang,”Pinta mama
Papa,mama,dan kak iel sudah berkumpul di ruang keluarga.Aku yakin akan ada yang mereka musyawarahkan.Tapi tentang apa ya????
                “Lama banget sih dek,gak tau apa kita uda lama nunggu,”ucap kak iel
                “Maaf.Maaf.emangnya ada apa sih ini?”
                “Sayang kamu lupa ya?Kan 6 hari lagi ulang tahun kamu,”ucap mama
                “Iya sayang,maka dari itu papa memanggil kamu kesini untuk membicarkan urusan
                Pelaksanaan pesta ulang tahun kamu,kan kamu tau sendir kalau besok lusa papa dan mama
                Harus menyelesaikan urusan bisnis di Brunai.Jadi malam ini persiapan ultah kamu harus
                Selesai.”ucap papa.
                “Terserah kalian aja mau gimana?Vhyo ikut aja.”ucap ku datar
                “Ya udah lo gitu,karena yang mau ulatah lagi males bahasnya serahin aja semua pada iel.ntar
                Iel yang ngurusin semua.semua tinggal tau beresnya saja.”ucap kak iel
                “Ya udah terserah kalian aja mau bagaimana.Vhyo kekamar dulu,mau istirahat.”
Aku berlalu meninggalkan mereka menuju kamar.Aku pasrah akan apa yang mereka persiapkan untuk ulang tahun ku nanti.Aku tidak begitu berharap akan perayaan pesta ulang tahun ku,karena sekarang yang aku harapkan adalah kehadiran sahabat-sahabat ku.Pasti ultah ku tahun ini kan berbeda,biasanya 6 hari menuju pesta ulang tahun ku bukan saja papa,mama dan kak iel yang mempersiapka pestanya,tapi juga sahabat-sahabat ku.Tapi mana mungkin merekan akan lakukan itu,karena mereka sedang marah ama aku.pesta ulang tahun tanpa bantuan sahabat ku D’VAROZ huuuh apes namanya.
***
Tok..tok..tok.....
                “Dek,kak iel masuk ea?”
                “Masuk aja kak,pintu gak ku kunci,”
                “De,kamu kenapa sih.sakit?ada masalah?atau....”
                “Kakak apa-apaan sih,aku sedang dalam masalah besar ni kak,”
                “Masalah besar?kenapa?”
                “Kak,masa anak-anak D’VAROZ musuhin aku tanpa ada masalah yang jelas.”
                “maksudnya?”
Aku menceritakan semua masalah yang terjadi pada aku dan D’VAROZ pada kak iel,namun kak iel hanya memberi nasihat supaya aku sabar aja.Aku semakin bingung dengan masalah yang menimpaku ini.Nasihat kak iel juga semakin membuat aku putus asa.
##           ##           ##
                “Vhyo,”Panggil  Rio
                “Rio,ada apa?”jawab ku senang,karena sudah lama sekali Rio tidak menyapa ku seperti ini.
                “Tidak.Ini surat ijin Zeva,dia sakit.Ntar lo kasih kguru ya.”pinta rio
Belum sempat aku menjawab iya,setelah memberikan surat ijin padaku Rio langsung pergi begitu saja.Tak biasanya Rio bersikap seperti itu pdaku,dia benar-benar berubah,dia yang dulu selau ramah dan baik pada ku sekarang menjadi bersikap dingin pada ku,aku benar0benar kehilangan sosok Rio yang ku kenal.Apa yang terjadi dengan sahabat ku ini??
@            @            @
Suasana kelas sangat sepi,aku memutuskan untuk duduk di tempat duduk ku sembari  memikirkan masalah dengan D’VAROZ yang tidak kunjung usai.Ditambah lagi dengan sikap Rio yang sangat beda kepadaku,dia benar-benar berubah bukan seperti Rio yang dulu.
                “Vhy,surat Zeva mana?”Ucap Alvin membuyarkan lamunanku
                “Alvin,aku kira siapa?”Ucap Ku kaget
                “Suratnya mana?Ntar biar aku yang kasih.”
                “Vin,kok gitu?Tadi kan Rio kasih ke Aku.Nanti pasti aku kasih ama pak guru.Kamu gak
 percaya banget si ama aku.aku kan sahabat kamu ama Zeva,kamu kan udah kenal aku.Kamu
kamu kok kayak gitu si vin,”ucap ku sedih
Aku berdiri menatap Alvin,sangat tak percaya kenapa alvin jadi berubah seperti itu?aku benar-benar kehilangan sosok alvin yang dulu aku kenal.Dia memang sosok yang keras kepala dan sedikit kasar,tapi itu tak pernah ia lakukan padaku.Baginya aku sudah dianggap adiknya yang selalu dia sayangi,namun kenapa dia menjadi berubah seperti ini.ku lemparkan surat ijin ku kemuka alvin,dan ku tinggalkan dia pergi menuju toilet untuk mengeluarkan unek-unek ku di toilet.
                “Alvin,Rio.Kenapa kalian jahat ama aku!”teriakku kencang didalam toilet.
Sabtu,10 Juli 2010 adalah hari H ulang tahunku.
Terhitung 2 hari lagi dari hari ini.belum ada perubahan akan sermua masalah ini,sudah 8 hari aku dan D’VAROZ saling diam seperti ini.Sengaja aku hari ini dan besok tidak masuk sekolah,aku ingin menengankan diri agar saat pesta ulang tahun ku nanti tidak terlihat stres dengan masalah yang terjadi antara aku dan sahabat ku.Tapi D’VAROZ semakin membuat masalah ini tidak bisa berujung dengan perdamaian.Kelakuan mereka pun berubah jadi misterius.
                Hari yang ku tunggu pun tiba,10 juli 2010 tepat usiaku menginjak angka 13th.Tak ada semangat dalam diriku untuk menjalani pesta ulang tahun ku.
                “Dek,ayo.udah ditunggu ne.”panggil kak iel
                “iya kak,”
                “Kak,sebenarnya ultah aku mau dirayain dimana?Kakak gak pernah ngomong ma aku.”
                “Ya lo ngomong gak suprise dong,”
                “Suprise tanpa D’VAROZ,g asyik,”gumamku
                “Teman kamu kan bukan D’VAROZ aja kan dek,”
Aku benar-benar gak semangat buat ngejalani pesta ini.Semua teman-teman ku sudah ku bagi undangannya,namun sayang ketika pembagian undangan D’VAROZ hanya Rio dan Ourel yang datang.Alvin dan zeva gak ada karena sakit,namun Ourel dan Rio pun menolak untuk datang dengan alasan yang ku terima.Final,gak ada satu pun D’VAROZ yang datang dihari ultah aku,ini merupakan mimpi buruk ,merayakan ulang tahun tanpa sahabat tercinta.Sangat jauh beda dengan tahun lalu.               
               “Yuk turun.udah sampai ni.”
                “Dimana?kok tempatnya gelap gini?Akukaya kenal tempat ini tapi dimana ya.?”
                “Udah ikut aja,”
Kak iel menarik tanganku dan membukakan pintu menuju tempat pesta.
                                                SUuuUURRppRisee.....
“Happy Birthday Vhyo,,,”Ucap papa,mama,rio,alvin,zava dan ourel serta semua teman-temanku yang datang kepesta.
                “Kalian semua?”
Aku tak menyangka,mereka akan memberi ku kejutan seperti ini.Aku seneng banget.
Ternyata setelah ku telusuri,sikap D’VAROZ berubah hanya untuk mengerjai aku,mereka sengaja membuat aku bimbang agar aku tak curiga kalau mereka jarang masuk sekolah karena mempersiapkan pesta ulang tahun ku.Mereka melakukan itu karena mereka ingin memberi  pesta kejutan sebagai kado dihari ulang tahun ku.Malam ini aku benar-benar mengerti akan arti hadir nya sahabat.seminngu tanpa D’VAROZ bagaikan anak yang kehilangan induknya.dan D’VAROZ pun kini telah kembali.
                “malam ini 10 juli 2010,adalah malam terindah bagiku.dan seumur hidupku tak akan ku
 lupakan.Papa,mama.kak iel makasih atas semua.D’VAROZ,Rio Alvin Ourel dan Zeva,aku
sayang kalian.makasi atas semua,”ucap ku lantang sebelum meniup lilin.
Ini merupakan kado yang terindah.pesta ultah ku pun berjalan mulus.semua nya berakhir dengan indah.
                D’VAROZ sahabat ku aku sayang kalian.......
                                                *THE END

No comments:

Post a Comment